Tuesday, January 19, 2016

Kamu Pengguna Android ? Wajib Tahu 8 Fitur Keren Dari Android 6.0 Marshmallow Ini


8 Fitur Android Marshmallow - Google akhirnya resmi memberikan nama penerus Android Lollipop dengan sebutan “Marshmallow”. Sama seperti tahun sebelumnya, nama sistem operasi Android V6.0 tersebut kembali memakai nama sebuah makanan. Inilah tradisi yang coba dipertahankan Google sebagai ciri khas sitem operasi buatannya. Sayangnya tim Android tidak menyebutkan alasan mereka mengapa memilih nama “Marshmallow” sebagai OS penerus Android Lollipop.

Sejauh ini, sudah ada 8 fitur penting yang terkuak dan hampir bisa dipastikan hadir di versi terbaru sistem operasi dengan ikon robot hijau ini. Apa saja 8 fitur penting tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mode Doze

Di atas panggung Google I/0 bulan Mei 2015, VP Engineering Android, David Burke mengatakan bahwa Android Marshmallow mengusung teknologi terbaru yang disebut modus 'Doze'. Mode ini berperan penting untuk memperkecil konsumsi daya baterai, ketika perangkat dalam kondisi stand by.

Cara kerja mode ini, seperti dilansir Android Police, adalah dengan memanfaatkan sensor pendeteksi gerakan. Sensor ini mengira-ngira, apakah perangkat tersebut ada dalam posisi stand by atau aktif.

Menurut pemaparan Burke, mode Doze dapat memperpanjang daya baterai sebuah unit tablet Nexus 9 sampai dua kali lebih lama dibandingkan dengan daya baterai yang berjalan di Android Lollipop.

2. Dukungan USB Type C



Masih seputar daya baterai, fitur penting kedua yang disuguhkan Android Marshmallow adalah pengisian daya baterai sampai 5 kali lebih cepat. Hal ini dimungkinkan berkat kehadiran port USB tipe C.

Di acara Google I/O, Google mengatakan bahwa port USB tipe C ini merupakan pembaruan terakhir dari port USB standar.

Tak kalah penting, dengan Android Marshmallow Anda akan dapat menggunakan ponsel untuk mengisi perangkat lain pada waktu yang sama.

3. System UI Tuner



Fitur System UI Tuner dapat diaktifkan dengan cara menarik jendela notifkasi, lalu menekan dan menahan ikon gir 'Settings' untuk 5 detik. Setelah itu, Anda akan melihat pesan pop-up, "Selamat! System UI Tuner telah ditambahkan ke Settings."

Dengan fitur ini, Anda sedikit mengubah quick toggle tiles, menambah atau menghapus item dari status bar, bahkan masuk ke modus Demo.

4. Android Pay



Berkat Android Pay, pengguna Android Marshmallow akan dimudahkan dalam membayar barang-barang, baik di aplikasi maupun di toko-toko retail dengan menggunakan ponsel mereka. 

Android Pay adalah antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface, API) terbuka, yang memungkinkan pengembangnya untuk menambahkannya ke aplikasi mereka sendiri.

5. Now On Tap 



Dengan fitur bernama Now On Tap, pengguna Android Marshmallow dapat mengakses Google Now dengan menahan tombol Home, mirip dengan apa yang ditawarkan Apple pada aplikasi Siri besutannya. 

Now On Tap juga membantu Google untuk memperoleh informasi penting dari penggunanya, berdasarkan apa yang dilakukan oleh penggunanya ketika itu.

6. Sensor Sidik Jari



Dengan Android M, Google juga akan melakukan standardisasi dukungan untuk sensor sidik jari. Sensor sidik jari ini tidak hanya akan digunakan untuk membuka dan mengamankan ponsel Anda, tetapi juga terhubung dengan sistem pembayaran mobile Android Pay, yang berfokus pada kesederhanaan, keamanan, dan pilihan. 

7. App Permissions



Di Android Marshmallow, App Permissions juga mengalami perubahan. Daripada meminta izin kepada pengguna untuk menggunakan fitur tertentu pada waktu instalasi atau pemasangan, aplikasi Android Marshmallow malah akan meminta izin untuk aktivitas, ketika aplikasi itu pertama kali diperlukan.

8 Auto Backup Aplikasi



Android Marshmallow juga membawa fitur Auto Backup yang memungkinkan smartphone untuk menyimpan user data dan settingan dari aplikasi ataupun game kedalam Google Drive. Itu artinya, saat sobat melakukan hard riset atau mengganti smartphone baru, maka aplikasi dan game yang sebelumnya sobat miliki akan kembali bisa dipakai lengkap dengan settingan pada smartphone sebelumnya, dengan terlebih dahulu melakukan sign-in ke akun Google.

Demikianlah penjelasan mengenai 8 fitur keren yang dimiliki Android Marshmallow. Android punya kamu versi berapa ? Segera update OS nya ke Android Marshmallow, biar bisa menggunakan fitur-fitur kerennya.

Jangan Lupa Share Yah..!!

Related Posts

Kamu Pengguna Android ? Wajib Tahu 8 Fitur Keren Dari Android 6.0 Marshmallow Ini
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka sama postingan blog ini, subscribe aja di sini !

Berkomentarlah secara relevan !!!